Nasib Mahasiswa yang Ngulang Mata Kuliah


Loading...

MEDIALOKAL.CO - Bagi kalian yang berstatus mahasiswa, pasti tahu nih adanya sistem ngulang pada mata kuliah tertentu akibat mendapat nilai buruk di semester sebelumnya.

Mengulang mata kuliah biasanya terjadi karena mendapat nilai buruk pada mata kuliah tertentu. Entah karena jarang masuk di kelas, jarang mengerjakan tugas individu atau kelompok, hubungan yang kurang harmonis dengan dosen pengampu, atau juga karena terlalu sibuk beraktivitas di luar seperti organisasi dan lembaga lainnya.

Kalau di sekolah, jika nilai kita buruk kita bisa melakukan perbaikan nilai dengan cara remedial pada semester itu juga. Namun berbeda halnya dengan dunia perkuliahan, jika kita mendapat nilai buruk di semester ganjil, maka kita harus mengulang mata kuliah tersebut di semester ganjil tahun selanjutnya, begitupun untuk semester genap. Tak hanya itu, kita akan mengulang di lokal adik-adik semester bawah di jurusan yang sama.

Sistem pemberian nilai di perkuliahan menggunakan sistem A, A-, B+,B, B-,C+,C, C-, D dan E. Kategori buruk bagi mereka yang memeroleh nilai C ke bawah, dan wajib melakukan perbaikan nilai dengan mengulang mata kuliah tersebut.

Loading...

Berikut beberapa nasib atau duka yang di alami bagi mahasiswa yang mengulang :

1. Merasa Asing di Kelas

Bagi mahasiswa yang ngulang pasti pernah merasa asing di kelas tersebut. Keasingan biasanya dipicu bertemunya wajah-wajah baru sehingga tidak ada kedekatan emosional untuk memulai keakraban.

Hanya diam terkujur kaku menyimak materi yang disampaikan dosen, sembari giat melihat waktu di jam tangan.

Sekalipun berinteraksi, itu hanya bersama ketua kelas sekadar tempat bertanya dan menerima daftar absen untuk ditanda tangani sebagai syarat kehadiran. Nyesek banget ya guys...

2. Sering Ketinggalan Informasi

Poin kedua ini paling sering dialami mahasiswa yang mengulang di kelas bawah. Kita sering ketinggalan informasi seputar jadwal, tugas, perpindahan jam masuk, penambahan jam masuk, dan lain sebagainya yang berhubung dengan mata kuliah tersebut.

Bagaimana tidak, tiap kelas pasti mempunyai grup lokal sebagai sarana pertukaran informasi. Nah, kita sebagai mahasiswa yang ngulang tentunya tidak sembarangan dimasukkan ke grup media sosial adik-adik tingkat. Ya mau tak mau kita harus membangun komunikasi dengan salah seorang dari mereka agar memudahkan kita menerima informasi terbaru seputar mata kuliah yang kita ikuti.

Kalau kita gak pande bergaul sama mereka, siap-siap aja daftar absen dipenuhi tanda silang, ngulang lagi deh di semester selanjutnya. Sadis.....

3. Mood yang Naik Turun

oin ketiga ini tak kalah horornya dari poin pertama dan kedua.

Seringkali situasi rasa atau mood mengalami gejala naik turun.

Rata-rata sih penyebabnya karena merasa asing di kelas tadi dan seringnya ketinggalan informasi, jadi pasrah aja.
Yang lebih kacaunya lagi, mood negatif ini muncul karena sifat malas yang mendarah daging imbas dari semester lalu.
Perlu di ruqyah kayaknya ni guys, ckckckck...

4. Dianggap lebih Tahu oleh Junior

Kita mahasiswa yang mengulang di semester bawah, sering kali dianggap lebih tahu oleh junior. Bagaimana tidak, mereka pasti berpikiran kita lebih mengetahui materi ini karena sebelumnya sudah lebih dulu bersentuhan dengan mata kuliah tersebut.

Padahal aslinya kita mengulang karena gak memahami materi-materi dari mata kuliah tersebut. Tapi ya sebagai senior, kita harus legowo dengan prasangka menyebalkan dari junior-junior itu.
Siapa suruh mengulang ya kan. Wkwkwk

5. Biasanya slSering Duduk Dibelakang

Sebagai mahasiswa yang mengulang, kursi paling belakang pasti jadi langganan untuk diduduki. Ya karena semangat kompetisi tidak ada lagi. Mindset kita hanya fokus mengikuti pertemuan dengan rutin dan hikmat. Mendapat nilai aman aja udah syukur ya guys..

Tapi ada faktor lain kenapa bisa duduk di belakang guys, sebagai senior datang lebih awal merupakan pilihan buruk. Kita lebih suka datang terakhir, bahkan ada yang masuk setelah pertemuan berlangsung setengah jam. Jangan ditiru ya guys. Hehe

Nah itu dari beberapa nasib atau duka yang dialami mahasiswa mengulang pada mata kuliah tertentu. Apalagi yang sudah kategori mahasiswa legend, tentu mengulang suatu hal yang horor dan menyakitkan. Karena mengulang, kelulusan kita jadi tersendat, belum lagi banyaknya hujatan pertanyaan yang muncul 'kapan wisuda' seakan ingin menghilang dari dunia ini ya guys. Haha

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Bagi yang pernah mengalami, tetap semangat karena itu bagian dari proses menuju kesuksesan. Kita adalah tuan dari diri kita sendiri, jadi apapun yang kita pilih harus kita pertanggungjawabkan dan terima konsekuensinya.
Bagi adik-adik semester bawah yang nilai kuliahnya masih bagus, tetap pertahankan dan tingkatkan. Karena mengulang itu gak enak ya guys, bisa menusuk ke beban materil dan moril.
 

Penulis : Teguh Azmi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau
FB : Teguh Azmi
Ig : Abangtegun97
Twitter : Teguh2009
Blog : www.teguhazmi.blogspot.com






Loading...

[Ikuti Medialokal.co Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar